-->

28 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Terbaru, Terbaik dan Terkenal di Purbalingga yang Wajib di Kunjungi - Purbalingga merupakan kabupaten yang mempunyai banyak sekali tempat wisata yang menarik dari wisata alam, wisata air, wisata buatan, wisata curug / air terjun, wisata religi, dan mempunyai banyak desa wisata yang menyimpan keindahan wisata alamnya.

Kabupaten Purbalingga berlokasi di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Purbalingga berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara di sebelah timur dan selatan, Kabupaten Banyumas di barat dan Kabupaten Pemalang di utara.
Kota ini yaitu kota di mana aku lahir dan tumbuh sampai kini. Di kota ini pula lahir seorang Panglima Besar Jenderal Sudirman. Tentu kalian telah tahu, alangkah hebat dan cerdasnya beliau dalam mengontrol taktik perangnya.

Kota ini juga disebut sebagai kota Perwira. Suasana alam yang masih sejuk dan keramahan penduduknya, membuat aku senantiasa mau kembali saat sedang merantau di negeri orang.

Karena itu, Purbalingga sekarang menjadi salah satu tujuan liburan yang cukup diperhitungkan. Berbagi daerah liburan dibangun oleh pemerintah untuk menarik para pelancong.
Purbalingga dapat jadi pilihan wisata ketika berkunjung ke Jawa Tengah. Beraneka liburan ciamik dapat kau jumpai di sini; mulai dari liburan curug hingga liburan selfie yang sekarang sedang digandrungi banyak pelancong.

Nah, buat kamu yang sedang ada di Purbalingga atau berencana akan ke Purbalingga, berikut daftar wisata terbaik yang berada di daerah purbalingga. Dijamin liburanmu di Purbalingga makin asik.
Pada tulisan kali ini aku akan menguraikan 28 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi.

Baca Juga :


1. Kutabawa Flower Garden

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi


Kutabawa Flower Garden dibuka bulan maret 2017 dan sampai sekarang tak pernah sepi pengunjung walaupun sampai sekarang masih dalam tahap pengembangan. Selain taman bunga yang indah dan cukup luas kutabawa flower garden juga memiliki udara yang sejuk khas daerah pegunungan karena lokasinya memang berada di kaki gunung slamet. pasti ini akan membuat kalian para wisatawan betah berlama-lama menikmati sejuknya udara pegunungan dan indahnya taman bunga.
Informasi Umum
Taman Bunga Kutabawa atau bahasa kerennya Kutabawa Flower Garden merupakan salah satu objek wisata baru di daerah Purbalingga tepatnya berada di kecamatan Karangreja desa Kutabawa. Berada tepat dibawah kaki gunung slamet dan tak jauh dari pos pendakian gunung slamet. Di tempat ini para pengunjung bisa menikmati berbagai jenis bunga dibalut udara yang sejuk di lokasi kutabawa flower garden. Aktifitas selfie maupun wefie tentu tak boleh dilewatkan, apalagi desain tamanya memang sangat fotogenik. Ada 18 jenis bunga dan beberapa diantaranya bibitnya didatangkan dari Bandung. Sedangkan dari segi fasilitasnya, saat ini memang belum seutuhnya rampung. Masih ada berbagai ornamen yang masih dipesan dan nantinya akan dipasang di area taman bunga. Kedepanya akan dibangun beberapa wahana anak anak serta villa di area wisata.

Lebih Lengkap :


2. Owabong Water Park

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Saat kamu ke Purbalingga, jangan dahulu pulang sebelum ke daerah ini. Owabong adalah tujuan liburan terbesar di Jawa Tengah, mempunyai beragam wahana yang dapat kau coba.
Airnya yang bersih dan bening menjadi skor plus dari daerah liburan ini. Ini dikarenakan airnya yang seketika bersumber dari pegunungan.
Lalu apa saja sih fasilitas dan wahana di Owabong?. Dengan karcis masuk yang cuma Rp.18,000,- ketika week day dan Rp.23,000,- ketika weekend, kau telah dapat merasakan beragam wahana dan fasilitas mengasyikan berikut ini.
Fasilitas untuk rehat pengunjung:
  • Beringin Rest Zona
  • Pallanta Rest Zona
  • Pallanta AWD
  • Pondok Pesisir Rest Zona
  • Restoran Km Kabetshu
  • Restoran Beringin
  • Jernih Coffe Shop
  • Kafe Leleson

Fasilitas pensupport :
  • Mushola
  • Restoran dan Food Court
  • Kamar Ganti dan Kamar Bilas
  • Kecil nyaman bersih
  • Sentra jajan dan Oleh-oleh
Lebih Lengkap :

3. Objek Tamasya Purbasari Pancuran Mas

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi


berlokasi di Desa Purbayasa, RT 03 RW 02, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.
Letaknya ada di pinggir jalan raya sehingga sungguh-sungguh gampang ditemukan.
Rute menuju Purbasari Pancuran Mas, dari Kota Purbalingga, jalan lurus lewat SMA N 1 Purbalingga, lampu merah Karang Sentul, jalan lurus terus ke arah Purwokerto, hingga ketemu Pasar Padamara.
Dari Pasar Padamara, ambil arah ke kanan. Sebab sejenak dari Pasar Padamara, di sebelah kanan jalan, akan kita peroleh Gerbang Masuk Purbasari Pancuran Mas Purbalingga.
Sekiranya dari arah Purwokerto, rutenya dapat melewati jalan Purwokerto-Padamara-Purbalingga. Setiba di Pasar Padamara, ambil arah belok kiri lalu ketemu deh Purbasari Pancuran Mas di sebelah kanan jalan.
Atau apabila punya Google Maps, tinggal masukkan saja Purbasari Pancuran Mas dan ikutin deh rute jalannya. Amat gampang menemukan domisili Purbasari Pancuran Mas.

Lebih Lengkap :

4. Sanggaluri Park
27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi
yang pada permulaan didirikannya bernama Taman Reptil, ialah salah satu dari sekian banyak daerah liburan yang ada di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Cocok dengan namanya yang berarti "Daerah Belajar", Sanggaluri Park ini sudah menjadi Taman Bermain Kecil sekalian Tamasya Edukatif bagi masyakarat Purbalingga.
Luas lahan yang diaplikasikan oleh Sanggaluri Park tak tanggung-tanggung, sekitar 3,5 hektar yang dibeli dari masyarakat oleh Pemerintah setempat.
Pihak pengelola Sanggaluri Park masih satu pengelola dengan Waterpark terbesar di Purbalingga, ialah Owabong (Obyek Tamasya Air Bojongsari).
Lokasi Sanggaluri Park Purbalingga berlokasi di Sebab Bumi Perkemahan Munjuluhur, Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Dari Sentra Kota Purbalingga, jaraknya sekitar 7 km saja dan letaknya juga tak jauh dari Owabong, sekitar perjalanan 5-10 menit.

Lebih Lengkap :

5. Situ Tirta Marta

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Bagi anda traveler pastinya tahu dong dengan liburan umbul ponggok di klaten??? ya umbul ponggok ialah liburan air di klaten, di situ anda bisa mencoba sensasi snorkling air tawar. untuk pembahasan slengkapnya dapat disimak di –> Umbul Ponggok Klaten, Daerah Mengasyikan Untuk Snorkelling.

Owh iya kita kan kini sedang membahas liburan di purbalingga, di kota ini juga terdapat liburan air seperti halnya liburan ponggok, ialah pemandian situ tirta mata yang terletak di Ds Karangcegak Kec Kutasari Purbalingga.
Di tempat wisata situ tirta marta anda dapat mersakan asyiknya bermain air sambil mengabadikan foto bawah air yang pastinya keren. lebih mengasyikan rasanya apabila anda ke pemandian hal yang demikian mengajak orang-orang terdekat untuk merasakan serunya mengambl foto underwater.

Lebih Lengkap :

6. Kolam Renang Walik

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Wisata Kolam Renang Walik di Kutasari Purbalingga Jawa Tengah yaitu salah satu daerah liburan yang berada di desa walik, kecamatan kutasari, kabupaten purbalingga, provinsi jawa tengah, negara indonesia. Tamasya Kolam Renang Walik di Kutasari Purbalingga Jawa Tengah yaitu daerah liburan yang ramai dengan pelancong pada hari awam ataupun hari tamasya. Daerah ini sungguh-sungguh menawan dan dapat memberikan sensasi yang 
berbeda dengan kegiatan kita sehari hari.

Wisata Kolam Renang Walik di Kutasari Purbalingga Jawa Tengah mempunyai pesona estetika yang sungguh-sungguh menarik untuk dikunjungi. Amat di sayangkan apabila anda berada di kota purbalingga tak mengunjungi liburan air yang memiliki estetika yang tiada duanya hal yang demikian.

Wisata Kolam Renang Walik di Kutasari Purbalingga Jawa Tengah sungguh-sungguh pantas untuk mengisi aktivitas tamasya anda, apalagi ketika tamasya panjang seperti libur nasional, maupun hari ibur lainnya.  Estetika Tamasya Kolam Renang Walik di Kutasari Purbalingga Jawa Tengah ini sangatlah bagus bagi anda seluruh yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi daerah  Tamasya Kolam Renang Walik di Kutasari Purbalingga Jawa Tengah di kota purbalingga.

Lebih Lengkap :

7. Alun-alun Kota Purbalingga

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

berlokasi di jantung kota purbalingga dengan domisili Sebab Jenderal Sudirman, Purbalingga Lor, Purbalingga, Purbalingga Lor, Kec. Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53311
dahulunya alun alun purbalingga mempunyai pohon beringin kembar yang sungguh-sungguh besar, melainkan kini pohon hal yang demikian telah tumbang sebab angin besar, dan informasinya alun alun purbalingga akan di rehab seperti alun alun kota bandung.

8. Usman Janatin City Park

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Usman Janatin adalah pahlawan nasional Indonesia yang dihukum gantung di Singapura pada 17 Oktober 1968. Sebagai prajurit Angkatan Laut, Usman menjadi komponen dari prajurit perang yang dicanangkan pemerintah RI kepada Malaysia saat itu. Dia mengerjakan pengeboman gedung Mac Donald House di Singapura, yang saat itu menjadi komponen kawasan Malaysia. Atas jasa dan pengorbanannya Usman Janatin mendapatkan gelar pahlawan dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

9. Pancuran Ciblon Bobotsari

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Bagi sobat aksi yang tinggal di tempat Purbalingga - Jawa Tengah tentunya tahu donk objek liburan air di Bobotsari ini."Ya, objek wisata air yang terdapat di Bobotsari tempat Purbalingga ini bernama PANCURAN CIBLON atau banyak yang menyebutnya dengan nama PANCI, Panci hal yang demikian ialah singkatan dari PANCURAN CIBLON. 

OBYEK WISATA AIR PANCURAN CIBLON BOBOTSARI berlokasi ideal di sebelah terminal Bobotsari atau arah yang menuju Pemalang. Amat gampang sekali tentunya menemukan Objek liburan air pencuran ciblon hal yang demikian, sebab bila anda telah berada di terminal bis Bobotsari kalian pasti akan memandang objek liburan hal yang demikian, pasalnya lokasi objek liburan air panci hal yang demikian persis di sebelah terminal bis Bobotsari yang baru.

Lebih Lengkap :

10. Masjid Cina "Cheng Hoo"

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Laksamana Cheng Ho memang tak pernah mampir ke Purbalingga, sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berada di tengah-tengah provinsi itu. Padahal demikian, ada sebuah mesjid berarsitektur Tiongkok yang ada di Purbalingga. Orang Purbalingga dan masyarakat di sekitarnya menyebutnya sebagai Mesjid Cheng Hoo.

Muhammad Cheng Ho yaitu seorang laksamana. Ia memimpin armada pelayaran besar yang tenar. Dia yaitu seorang panglima perang yang berasal dari Yunnan dan beragama Islam. Berdasarkan sejarah yang ada, Laksamana Cheng Ho tak jarang mengadakan pelayaran ke beragam kawasan, termasuk ke wilayah Asia Tenggara dan pernah mengukir jejak pelayaran pula di Nusantara.
Lokasi mesjid berukuran 11x 9 meter ini ada di desa Selaganggeng, Kecamatan Mrebet. Dari tengah sentra kota Purbalingga, mesjid ini berada di sisi kiri jalan raya Purbalingga-Bobotsari. Jaraknya dari tengah kota Purbalingga sekitar 12 km ke arah utara, sementara jarak daerah ibadah ini dari Bobotsari sekitar 12 km ke arah selatan.

Lebih Lengkap :


11. Desa Wisata Limbasari

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Kamu yang mempunyai nyali tinggi, dapat mencoba arum jeram di Sungai Klawing untuk menguji adrenalin. Sungai Klawing membelah Kota Purbalingga menjadi dua komponen.

Komponen yang paling deras dan menantang berada di Kecamatan Mrebet. Dengan tarif yang relatif murah, sekitar Rp.150.00 s/d Rp.300.00 kau telah dapat merasakan sensasi berarum jeram dengan fasilitas komplit.

Seperti minuman, air mineral, makan, snack, kelengkapan rafting standar internasional ( baju hangat, helm, dayung, instrukutur, team penyelamat, P3K, guide, asuransi dan akta rafting ).

12. GOLAGA "Goa Lawa Purbalingga"

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Lawa dalam bahasa Indonesai artinya kelelawar. Goa Lawa berlokasi di Desa Siwarak, Kecamatan karangreja, Kabupaten Purbalingga.

Goa Lawa ini memiliki panjang 1,3 km dan ketinggian kurang lebih 900 Mdpl. Letak geografis inilah yang membikin Goa ini menjadi sungguh-sungguh adem dan sejuk.

Gua Lawa terwujud dari lava vulkanik yang sudah membeku selama beribu-ribu tahun. Dampak dari pembekuan ini terwujud dinding-dinding kuat yang kesudahannya terwujud Gua Lawa.

Untuk hingga kesana, diperlukan waktu sekitar satu jam dari Kota Purbalingga.
Di dalam Goa ini terdapat sebagian nama Goa lain, di antaranya:
  • Goa Batu Semar
  • Goa Waringin Seto
  • Goa Dada Lawa
  • Goa Batu Keris
  • Goa Ratu Ayu
  • Pancuran Slamet
  • Goa Langgar
  • Balai Pertemuan Agung
  • Goa angin
  • Goa Musim abtu
  • Goa Rahayu
  • Goa Cepet
  • Goa Pos
  • Goa Danau
  • Goa Lorong Penembahan
  • Goa Naga
Di sekitar Goa Lawa juga terdapat obyek liburan lain, seperti taman Lokaria untuk bermain si kecil, patung-patung relief dan taman rumput yang luas.

Lebih Lengkap :

13. Desa Wisata Serang

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Desa wisata Serang di Karangreja Purbalingga Jawa Tengah yaitu salah satu daerah liburan yang berada di desa karangreja, kabupaten purbalingga, provinsi jawa tengah, negara indonesia. Desa wisata Serang di Karangreja Purbalingga Jawa Tengah yaitu daerah liburan yang ramai dengan pelancong pada hari awam ataupun hari tamasya. Daerah ini sungguh-sungguh menawan dan dapat memberikan sensasi yang berbeda dengan kegiatan kita sehari hari.

Desa wisata Serang di Karangreja Purbalingga Jawa Tengah mempunyai pesona estetika yang sungguh-sungguh menarik untuk dikunjungi. Amat di sayangkan apabila anda berada di kota purbalingga tak mengunjungi liburan agro yang memiliki estetika yang tiada duanya hal yang demikian.

Desa wisata Serang di Karangreja Purbalingga Jawa Tengah sungguh-sungguh pantas untuk mengisi aktivitas wisata anda, apalagi ketika liburan panjang seperti libur nasional, maupun hari ibur lainnya.  Estetika  Desa wisata Serang di Karangreja Purbalingga Jawa Tengah ini sangatlah bagus bagi anda seluruh yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi daerah desa wisata Serang di Karangreja Purbalingga Jawa Tengah di kota  purbalingga.

14. Argowisata Lembah Asri Serang

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Obyek wisata alam purbalingga slenjutnya yaitu argowisata jurang asri yang terletak di Ds Serang, kec Karangreja Purbalingga. Loaksinya yang berada di pegunungan membikin tempat ini memiliki hawa yang sungguh-sungguh adem dan dilengkapi dengan view gunung slamet yang instagramable.

Objek wisata alam purbalingga ini berjarak sekitar 23 kilometer dari jantung kota purbalingga. liburan alam ini juga yang mengaitkan sebagian obyek liburan di sekitar purbalingga seperti wisata air wabong, goa lawang dan lainya.

Apa sih yang dapat anda bisa di daerah ini??? banyak kok,.,, di daerah ini anda bisa merasakan paket outbound dengan harga relatif murah, berlibur du kebun stroberi dan juga sayur, kecuali itu juga sebetulnya masih banyak yang dapat anda lakukan di daerah itu. Owh iya, argowisata jurang asri ini pantas di jadikan sebagai daerah liburan keluarga di purbalingga dengan tarif relatif murah.

15. Kampung Kurcaci

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Desa wisata Serang di Karangreja Purbalingga Jawa Tengah yaitu salah satu daerah liburan yang berada di desa karangreja, kabupaten purbalingga, provinsi jawa tengah, negara indonesia.  Destinasi Tamasya Rest Zona Serang di Karangreja Purbalingga Jawa Tengah yaitu daerah liburan yang ramai dengan pelancong pada hari awam ataupun hari tamasya. Daerah ini sungguh-sungguh menawan dan dapat memberikan sensasi yang berbeda dengan kegiatan kita sehari hari.

Desa wisata Serang di Karangreja Purbalingga Jawa Tengah mempunyai pesona estetika yang sungguh-sungguh menarik untuk dikunjungi. Amat di sayangkan apabila anda berada di kota purbalingga tak mengunjungi liburan agro yang memiliki estetika yang tiada duanya.

16. Bukit Mertelu


Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi


Bukit Mertelu merupakan desinasi baru di Purbalingga yang dibuka sekitar pertengahan tahun 2017.
Pemandangan cantik dengan spot unik ala ayunan langit mendadak ramai diperbincangkan wisatawan hingga kini.
Beberapa foto instagramable pun mulai tersebar hits di social media, tidak heran bila banyak dari wisatawan yang hunting foto di sekitar lokasi.

Bukit Mertelu merupakan adapsi dari beberapa spot selfie cantik di kota lain, seperti Bandung dan Jogja.
Dengan gaya wisata kekinian, di bukit ini juga terdapat gardu pandang dengan landscape daerah purbalingga dari dataran tinggi.
Selain spot selfie dan gardu pandang, kamu juga akan mendapati bukit jomblo berbentuk sarang burung mirip dengan destinasi yang ada di Tulungagung, juga ada gazebo unik yang banyak dijadikan tempat nongkrong.

Jalan-jalan ke bukit Mertelu serasa berkunjung ke daerah lain, jada kamu tidak perlu keluar kota untuk mendapatkan spot foto cantik yang instagramable.

Lokasi: Sangkanayu, Mrebet, Sangkanayu, Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah

17. Pendakian Gunung Slamet

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Gunung Slamet ialah gunung aktif tertinggi di Jawa Tengah dan tertinggi ke dua di Pulau Jawa. Ketinggiannya menempuh 3,432 mdpl. Untuk mendaki hingga puncak ada tiga trek yang dapat dilewati, ialah trek Kaliwadas, trek Baturaden dan trek Bambangan.

Kebanyakan pendaki akan lewat trek Bambangan sebab itu trek yang terdekat. Untuk menuju trek Bambangan, apabila dari arah Kota kau seharusnya naik angkutan perkotaan kearah Bobotsari dan turun di Serayu. Sesudah itu naik kendaraan beroda empat bak menuju arah desa Bambangan. Pendakian gunung Slamet mempunyai 8 pos, ialah:
  • Pos pondok gembirung
  • Pos pondok walang
  • Pos pondok cemara
  • Pos samarantu
  • Pos samyang rangkah
  • Pos samyang jampang
  • Pos samyang kendil
  • Pos plawangan
Untuk kau yang hobi mendaki, Gunung Slamet dapat menjadi daftar selanjutnya untuk ditaklukan.

18. Puncak Telkom Gunung Lompong

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Gardu Pandang Puncak Telkom. berada di Gunung Lompong atau lebih tepatnya di Desa Kutabawa, Karang Reja, Purbalingga, Jawa Tengah.

yang belum ada satu tahun umurnya ini memperkenalkan pemandangan alam pegunungan dan bukit-bukit hijau. Ditambah, udaranya yang sungguh-sungguh dingin membikin Gardu Pandang Puncak Telkom sungguh-sungguh tepat untuk sebentar melepas lelah. Nah, apabila kau mau menghabiskan petang di Purbalingga, cobalah ke sini.

Gardu Pandang Puncak Telkom sebetulnya masih dikelola secara mandiri oleh warga setempat. Itulah kenapa fasilitas yang disediakan terbilang kurang untuk ukuran liburan alam. Sebab jangan takut, sebeb estetika Gardu Pandang Puncak Telkom masih dapat kau nikmati dengan leluasa.

19. Pudang Mas Sikopyah

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Destinasi di Desa Wisata Serang, kecamatan Karangreja, Purbalingga, semakin bertambah lengkap. Kali ini, warga di Dukuh Kaliurip, desa setempat mengembangkan daya tarik wisata ‘Pudang Mas Sikopyah’.  Lokasi destinasi ini hanya sekitar 1,5 kilometer dari rest area D’LAS (Lembah Asri Serang). Dan berjarak sekitar1 kilometer melalui jalan tembus dari sumber mata air Sikopyah.

Tak berbeda jauh dengan Lembah Asri Serang, daya tarik wisata ini juga menyuguhkan tempat bercengkerama dengan suasana sejuk udara pegunungan di kaki Gunung Slamet. Wisatawan yang datang ke kawasan wisata Serang, semakin banyak pilihan. Sebelumnya, ada destinasi Bukit Mertelu di Desa Sangkanyu, Kecamatan Mrebet, kemudian aneka wahana di Lembah Asri Serang, taman bunga Kutabawa di Desa Kutabawa, gardu pandang Gunung Lompong, wisata petualangan Gunung Malang, Serang Higland dan terakhir yang terbaru adalah Pudang Mas.

20. Desa Wisata Panusupan

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Tak kalah dengan Semarang, obyek wisata Purbalingga juga menjadi salah satu tujuan menarik di Jawa Tengah. Wilayah yang tenar sebagai penghasil knalpot ini mempunyai banyak daerah yang hits banget secara khusus di sosial media. Salah satunya yaitu Panusupan, desa liburan andalan Purbalingga dengan konsep yang ciamik.
Begitulah warga sekitar menyebut Desa wisata Panusupan. Destinasi ini berlokasi di Kecamatan Rembang, sekitar 30 km dari sentra Kota Purbalingga. Umumnya, para traveler yang berkunjung ke sana memilih rute trek Owabong, Mrebet melewati Bobotsari. Sesudah itu lewat Kecamatan Karang Anyar dan Karang Moncol, apabila keder dapat memakai Google Maps.

21. Desa Wisata Tanalum

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Desa Tanalum tepatnya di Dusun Pucung Rumbak, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga-Jawa Tengah. Pesona desa ini membikin aku mengunjunginya dua kali. Tanalum diketahui sebagai desa dengan 1000 curug, dimana eksistensi curug-curug hal yang demikian sungguh-sungguh berpotensi untuk dimaksimalkan sebagai liburan petualangan alam.

22. Monumen Jenderal Soedirman

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Kemerdekaan Republik Indonesia yang ketika ini berusia 68 tahun yaitu hasil dari kegigihan para pejuang yang sudah mengorbankan jiwa dan raga demi membebaskan tanah air dari kuasa penjajah. Pengorbanan hal yang demikian malah melahirkan banyak nama besar yang dikenang dan diakui sebagai pahlawan nasional yang mengantarkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka. Salah satu pahlawan nasional yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia yaitu Jenderal Soedirman.
Jenderal Soedirman yaitu pejuang nasional yang  diketahui luas oleh masyarakat Indonesia. Itu besar namanya sampai diabadikan sebagai nama jalan utama di banyak kota di  penjuru negeri ini. Tidak heran sebab Soedirman yaitu panglima terbesar dalam sejarah revolusi dan pengorbanan kemerdekaan Indonesia. Sebagai seorang Panglima Besar, Jenderal Soedirman diketahui sebagai pejuang perang gerilya yang disegani kawan dan ditakuti lawan.

23. Jembatan Cinta Pring Wulung

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Jembatan Cinta Pring Wulung berbentuk hati (love) dan terbuat dari bambu Pring Wulung. Karenanya tidak heran, jembatan yang berada di tengah-tengah persawahan ini dinamakan Jembatan Cinta Pring Wulung.
Jembatan cinta Pring Wulung jadi daerah sepatutnya untuk berselfie ketika berada di Desa Panusupan. Dikala berselfie kau dapat menambahkan artikel-artikel lucu seperti “Cari Jodoh”, “Semoga kita Jodoh”, “Sekiranya udah Jomblo, Kabarin ya!” serta artikel lucu lainnya yang tersedia di sana.

Harga Karcis Masuk : Rp 5.000
Tarif Parkir : Rp2.000
Lokasi Jembatan Cinta Purbalingga: Desa Panusupan, Rembang, Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53356

24. Pojok Kayangan

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Destinasi liburan di Jawa Tengah  semakin menampilkan taji. Selain hal yang demikian rupanya dengan banyaknya proyek yang dijalankan untuk membangun jalan masuk dan fasilitas yang ada di banyak daerah liburan. Kecuali Dieng yang jadi trandmark liburan alam di Jawa Tengah, ada Purbalingga yang sebagian waktu akhir-akhir ini terus menggiatkan pembangunan liburan baru dan berencana jadi pilihan liburan di Jawa Tengah. Sekiranya kau ingin tahu apa saja daerah liburan di Purbalingga kau dapat baca di sini.

Nah, pada tulisan kali ini kami akan mengajakmu jalan-jalan ke Pojok Khayangan yang masih satu lokasi dengan Desa Tamasya Panusupan. Wisata yang indah akan buat betah berlama-lama di sini.
Pojok Khayangan ialah pos pertama yang akan kau lewati apabila mau ke Desa Tamasya Panusupan. Pos yang juga memperkenalkan makanan ringan ini sungguh-sungguh menawan kau jadikan background foto. Kecuali itu, kau juga akan disuguhkan panorama alam berupa pohon-pohon dan barisan gunung. Ditambah hawa segar serta birunya langit dapat buat lelahmu luntur langsung! Bonusnya, kau dapat mengujungi titik selfie lain yang ada di Desa Tamasya Panusupan.
Fasilitas yang ada di sini terbilang cukup, walaupun terus dijalankan pengembangan. Kau dapat mengorder makan di kios yang telah disediakan. Ada juga gazebo serta WC. Jadi tidak butuh persiapan berlebih sekiranya mau ke sini. Untuk karcis masuknya Rp. 3.000/orang dan parkir Rp. 2.000/motor.

25. Rumah Pohon Puncak Igir Wingir

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Igir Wringin sendiri adalah puncak tertinggi di wilayah pegunungan Wringin dengan ketinggian skeitar 640 Mdpl. Maya puncak Igir Wringin kaprah-kaprah berada di ketinggian 612 Mdpl, tak terlalu tinggi memang, tapi panorama yang ditawarkan obyek liburan ini sungguh-sungguh memikat.
Di puncak Igir Wringin terdapat rumah pohon layaknya di Kalibiru, Yogyakarta. Rumah pohon ini yaitu salah satu tenaga tarik utama di liburan alam Purbalingga. Ditambah lagi sesudah foto-foto yang super kerennya tersebar luas di Tak. Sehingga menciptakan daerah liburan ini semakin populer. Tidak jarang pulau pelancong dari luar kota seperti Purwokerto, Banyumas dan kota lainnya datang kesini untuk memandang estetika alam Purbalingga.

Sebab, untuk merasakan estetika alam di Igir Wringin tidaklah gampang. Melainkan kita seharusnya mengerjakan perjalanan panjang dari daerah parkir. Bayangkan saja dari daerah parkir kita masih seharusnya berjalan kaki selama kurang lebih 1,5 jam. Pemandangannya waktu itu tergantung kecepatan kita dalam berjalan. Jadi sebelum menetapkan kesini pastikan kau olahraga dahulu ya supaya tak gampang capek.

26. Puncak Sendaren

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Sebab menuju puncak Sendaren cukup menantang dengan medan yang bermacam-macam. Tetepi, kalian tak perlu kuatir apabila mendaki bersama sahabat-sahabat. Kelelahannya akan terbayar sesudah hingga ke puncak Gunung Sendaren. Pun tak akan tergantikan dengan sekerat steak sekalipun.

Puncak Sendaren dijamin aman. Asalkan tak ditempati oleh banyak orang. Selain-hati ya, kalian seharusnya bergiliran. Melainkan selfie kini telah banyak merenggut maut. Melainkan jembatan merah di Aceh saja pernah rubuh sebab kelebihan beban para pecandu selfie. Di Puncak Sendaren ini tentu saja cuma bagi mereka yang tak fobia kepada ketinggian.

27. Puncak Sibarat

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Rute Dan Lokasi Puncak Sibarat Gunungwuled Rembang - Berada di kaki gunung Slamet, menciptakan Kabupaten Purbalingga mempunyai sejumlah daerah yang menyuguhkan pemandangan alam pegunungan. Bukit mertelu umpamanya, sebuah bukit di desa Sangkanayu yang lagi naik daun sebagian waktu akhir-akhir ini ini. Kecuali itu ada juga puncak sibarat yang mulai dilirik para wisatawan. Daerah ini juga menyuguhkan gardu pandang sebagai tenaga tarik utamanya. Ada juga sebagian titik foto yang instagenik, pantas bagi si kecil muda yang menyenangi panjat sosial melewati instagram.

Lokasi puncak sibarat ini berada di Desa Gunungwuled, sebuah desa liburan di kecamatan Rembang Purbalingga. Namanya mungkin belum setenar liburan goa lawa maupun desa liburan serang. Pemandangannya Desa liburan gunungwuled menaruh sejumlah estetika alam. Wisata saja seperti curug bawahan, sumber air panas kalianget, curug kalipete, watu geong, dan juga tentunya puncak sibarat. Tempat saja jalan menuju desa gunungwuled ini agak sempit dan tak dapat dilewati oleh kendaraan besar.

28. Jembatan Pelangi

27 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi

Jembatan Pelangi di Rembang Purbalingga Jawa Tengah yaitu salah satu daerah liburan yang berada di desa bantarbaang, kabupaten purbalingga, provinsi jawa tengah, negara indonesia. Jembatan Pelangi di Rembang Purbalingga Jawa Tengah yaitu daerah liburan yang ramai dengan pelancong pada hari awam ataupun hari tamasya. Daerah ini sungguh-sungguh menawan dan dapat memberikan sensasi yang berbeda dengan kegiatan kita sehari hari.

Baca Juga :




Demikian informasi dari Caridestinasiwisata tentang 28 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi semoga bermanfaat dan Selamat Berwisata. Jadilah wisatawan yang baik dan bijak selalu menjaga kebersihan dan buang sampah pada tempatnya. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "28 Tempat Wisata Terbaru di Purbalingga Yang Wajib Dikunjungi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel